Selasa, 26 Agustus 2014

pengalaman transplantasi rambut - hair transplant experience

silahkan join grup hair transplant indonesia di facebook untuk berinteraksi dan sharing informasi dll.



selamat pagi semuaaaa.....

mau bagi bagi informasi nih mengenai masalah rambut rontok sampai pada kebotakan dan solusinya yang saya lakukan yang hasilnya cukup lumayan. dan tidak pakai obat obatan.


thn 2004

sejak saya sekolah smu saya sudah merasakan akan adanya perubahan pada rambut saya, tapi saya sama sekali tidak menyadari kalau sebabnya adalah karena rontoknya rambut saya, dikarenakan rambut saya tebal. butuh waktu sekitar 10 tahun untuk rambut saya menjadi hampir botak.

satu tahun setelah lulus sekolah saya memutuskan untuk melakukan catok rambut atau meluruskan rambut dengan menggunakan obat yang mana obatnya sangat keras untuk rambut, karna efeknya benar benar terasa, rambut pun rontok cukup parah.

thn 2004 di lurusin ini yang membuat rambut rontok parah

saya pun mencoba berbagai jenis shampo dan tonik dan obat obatan untuk menumbuhkan rambut yang tidak murah harganya. dengan harapan rambut saya bisa tumbuh kembali tanpa rontok. and finally i got sick of those shity things ! jadi obat obat itu semua cuma buang buang uang, tenaga, dan fikiran saya aja. percuma hasil yang saya dapat pun 0 BESAR.


dan saya pun cari cari informasi di internet tentang rambut yang sebagian besarnya memberi solusi dengan menawarkan produk - produk obat obatan atau herbal untuk kebotakan yang mana semua itu tidak ada efeknya buat saya.


lalu saya pun menemukan berbagai informasi mengenai hair transplant atau transplantasi rambut atau tanam rambut, yang diambil dari kepala bagian belakang untuk menutupi kebotakan yang dilakukan oleh dokter bedah.
dan ada beberapa hal yang saya bayangkan :

1. MAHAL !
   ya memang mahal, untuk seorang wiraswasta kelas bawah seperti saya. tapi hasil yang didapat akan permanen tidak akan rontok lagi. setelah saya hitung hitung memang di banding dengan uang untuk membeli obat obatan selama tahunan,  yg jauh dr harapan itu, perhitungannya tidak terlalu jauh. butuh uang sekitar Rp.40.000.000 -an mungkin untuk menutup kebotakan paling tidak 1500 graft /akar yg tertanam d bawah kulit.
biasanya harga per graft paling murah kisaran Rp.25.000.

2. PALING MASUK AKAL
     karena anda mendapat hasil instant, tapi ternyata tetap tidak terlalu instan karena tetap saja membutuhkan waktu untuk tumbuh normal. tapi paling tidak kita yakin dengan pertumbuhannya.

setelah shalat istikharah dan mencari informasi mengenai boleh tidaknya melakukan transplantasi rambut ditinjau dari aturan agama saya. ternyata para ulama membolehkan. karena ini memperbaiki untuk menjadi seperti sebelumnya. bukan merubah bentuk.
dan saya pun memutuskan untuk melakukan transplantasi rambut, januari 2014 saya melakukan hair transplant.
2 hari setelah oprasi
bintik bintik hitam itu adalah luka setelah operasi. yang mengering dan luka ini pun akan mengelupas setelah 3 sampai 5 hari dengan mandi menggunakan air hangat dan aga digosok pelan pelan.

 rambut transplant pun akan rontok seluruhnya dalam waktu 2 minggu ssampai 1bulan setelah operasi.
bagian donor yang dijahit
 ini sistem donor yang kurang baik, yang baik adalah yang diambil satu persatu rambutnya jadi tidak membutuhkan memotong kulit kepala bagian belakang, jadi tidak ada garis seperti gambar diatas. karna ini sangat menggaggu ketika kita potong rambut tipis di bagian belakang :(

setelah semuanya rontok, rambut baru yang masih halus pun akan tumbuh seperti gambar diatas dan dibawah ini.  setelah 2bulan kira kira.
rambut kecil tumbuh
rambut mulai tumbuh banyak tetapi tetap rambut halus




tapi semua ini tidak sesuai harapan, tetep aja yang perfect itu buatan Allah, yang tidak ternilai harganya, karna setelah tumbuh normal, rambut transplant itu terlihat kasar, dan alurnya pun tidak sejalur dengan rambut lainnya. dan terlihat jarang - jarang tidak full di kulit kepala seperti rambut original kita.


solusi terbaik adalah menerima semuanya dengan bersyukur..

ini hasil setelah 8 bulan tetap terlihat jarang, semoga bisa berubah lebih baik lagi

ini hasilnya tidak sesuai dengan harapan

foto tanggal 31-8-2014 jam 9.36 :)  hasil setelah 8 bulan
hasil setelah 1 tahun
1 januari 2015. sekali kali lihat orang ganteng dari pada liat kepala terus :D
setelah dipotong rambut 3mm
30-01-2016 setelah potong rambut 3mm


semua foto yang saya upload disini itu foto foto pilihan saya yang paling buruk. maksudnya agar pembaca bisa mempertimbangkan secara matang jika ingin melakukan transplantasi rambut hehe.

saya akan upload juga foto foto yang terlihat bagus hasil ht nya, berikut :

mei 2016



juli 2015

januari 2017 rambut original rontok

januari 2017 terlihat besar bolong pori pori rambut transplant

rambut original rontok jadi terlihat pitak

semoga informasi ini bermanfaat untuk para pembaca dan para pencari informasi , :)

untuk yang ingin gabung grup whatsapp silahkan klik link berikut :
 https://chat.whatsapp.com/GrNV6RUrlYfLnQKXd67Zps
(mohon maaf grup whatsapp sudah penuh, ada solusi lain ga untuk tempat sharing dll? )

mohon maaf sekali lagi saya ga bisa menjawab email satu persatu pertanyaan dikarenakan;
1.saya jarang aktif disini, karena kesibukan hari hari.
2. saya juga masih belum banyak tau untuk urusan ht. semua yang saya tau saya tulis di blog ini. selebihnya mohon maaf saya kurang tau, banyak yang jauh lebih mengetahui mengenai info2 seputar HT di grup whatsapp HT atau pun komentar temen2 di blog ini.
mohon maaf sekali lagi.



290 komentar :

  1. Bro bagaimana perkembangan rambut ht di bulan oktober ini? Apa bro pakai finas dan minox setelah ht? Atau ada obat2an lain? Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat siang bro marsianus, sebenernya setelah transplant saya hanya menggunakan shampo biasa. karna untuk rambut hasil transplant memang terbukti permanen dan tidak rontok dan tumbuh normal, 1bulan setelah itu saya tidak memakai apapun, karena shampo menyebabkan rambut original saya rontok. setelah saya mendapat bnyak informasi, saya memutuskan untuk mencuci rambut dengan hanya air saja sampai detik ini, kadang saya menggunakan jeruk lemon/nipis untuk perawatan. hasilnya sangat efektif rontok saya sangat berkurang mungkin tinggal 20%. :)

      Hapus
  2. Anonim berkata...

    Terimakasih bro atas jawabannya. Tp saya lihat dibulan 10 rambut agan sudah semakin bagus hasilnya. Kebetulan ane ht jg bulan 8 di surabaya. Kalau dilihat ht agan punya sepertinya sama ht di surabaya jg ya gan?thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf agan sya boleh tau info soal ht yg ada di indonesia ?
      sma sya mau tau jga nominal ny gan..
      tolong bantu gan

      Hapus
  3. Saya dengar hasil maksimal bisa terlihat paling lama 18 bulan. Saya harap rambut bro bisa lebat sesuai yg diinginkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya saya juga disitu hehe,,iya betul hasil maksimal sekitar 2thn-an
      iya mudah mudahan bisa lebih baik lg amin.. thx udah mampir dan comment, smoga bro marsiaunus dapet hasil yang memuaskan juga. thanks :)

      Hapus
  4. Balasan
    1. udah di update bro,, maaf lama sibuk terus hehee,

      Hapus
  5. bekas luka jahitannya jadi kayak apa mas?
    itu total erapa graft?
    kena berapa mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ntar saya upload, tambah lama tambah mengecil tp ga bakal hilang bekasnya, cukup mengganggu kalo kita biasa mencukur rambut tipis

      Hapus
  6. kondisi rambutnya sekarang seperti apa mas bro ? apa sama kaya foto terakhir itu ?
    sy jg ngalamin masalaha kebotakan nih pdhal umur masih diangka 20an

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kaya foto terakhir kurang lebihnya :). Harus d jaga pola makan olah raga jgn pake gel untuk rambut dsb yg bisa ngerusak. Saya nyeselnya jg baru skr2 hehe. Udah takdir kalo udah terjadi ya.

      Hapus
  7. wih keren mas :D aman ya, ga pake terimakasih informasinya mengenai obat penumbuh rambut :D ? tapi sakit ga mas? hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenernya. Ga enak kalo mau jujur si. Kalo Sakit si engga. Cuma 5bln pertama ga nyaman rasanya. Kalo emang obat penumbuh itu berhasil untuk saya. Saya ga bkal mau pilih ht. tp ga berhasil untuk saya. Ya ga ada pilihan lg sebenrnya. :((

      Hapus
  8. Selamat ya Mas Efo. menurut sy hasil HTnya bagus. Kl boleh tahu itu brp graft folikel rambut & mas HTnya di hairtrans daerah mana? Sy kdepan jg berencana untuk HT. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1500 graft. silahkan kirim email saya untuk tempat htnya. effoalb@gmail.com terimakasih udah mampir :)

      Hapus
  9. mantap bro berapa graft kah itu yang ditanam

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1500 graft saya rasa masih kurang. soalnya masih kelihatan jarang².

      Hapus
  10. Bro brapa biayanya kalau 5000 graft

    BalasHapus
    Balasan
    1. 5000 x 25000 aja .jadi 125.000.000. eh tapi kelihatanya ada potongan deh kalo lebih dari 2500 graft cuma ga tau saya gimana itungannya hehe

      Hapus
  11. Ikut nimbrung ahh.
    Ane juga abis transplant tp di dok gunawan gan. Ane juga hasil nya jarang jarang gak rapet, kata nya emang gitu gak bisa kaya original hasilnya kalo buat sekali operasi. Perlu dua kali buat nanem di celah celah yang masih ada jarak gitu baru kliatan tebal kayak asli nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. di dokter gunawan pakai teknik apa gan FUT atau FUE ?
      baru baru ini dr gunawan juga praktek di HASCi juga ya yang stem cell.boleh tau gak waktu ke fokter gunawan berapa graft yang ditanam fdan harganya berapa?

      Hapus
    2. ane yg fut gan, maklum yg stem cell lumayan harganya. Memang dia praktek di dua tempat dgn dua teknik berbeda gan. Ane dia bilang kemaren 1000 graft gan karena bagian depan aja. Biaya skitar 31 an gan. Itu itungannya gak pergraft tp per sekali operasi.

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. saya juga sangat berminat sama ht yang tehnik stem cell kalo bisa nutup garis belakang bekas ht fut atau nutup bagian kepala yang jarang rambut. boleh di share gan kalo ada info info mengenai ht tehnik FUE. saya sangat berminat kalo ada uang hehe

      Hapus
    5. setau ane FUE di Indonesia belum ada gan,paling deket ada di negara tetangga Malaysia

      Hapus
    6. agan efo apakah punya keloid? punya ane baru 4 bulan tp garis bekas operasi ga segede itu gan.. uda mengecil kayak benang.. tp simpul pangkal nya yg masi agak kelihatan

      Hapus
    7. ia saya baru sadar kelihatanya karena keloid. soalnya aga nonjol kulitnya .

      Hapus
    8. Jonojoasik boleh minta emailny? Mau tanya beberapa hal soal dokter gunawan

      Hapus
  12. bro numpang tanya...aq jga ht d srbya tp sdh hmpir 4 buln kok rmbutku malah tambah botak ampenyg rmbut aslinya....gimana nihh...??..apa benern bisa tumbuh lg??

    BalasHapus
    Balasan
    1. bro baiknya ke dokternya lagi untuk didiskusikan masalahnya. harusnya si tumbuh bgt. saya sarankan si untuk minum natrol biotin 10.000mcg. itu suplemen untuk kesehatan rambut dan kuku. dr usa biasanya dijual online kisaran 200rb/ botol isi 100tablet.

      Hapus
  13. ane jg september kemarn ht tmpat dr bambang gan.. ni uda 4 bln an, tp ya tumbuhnya jarang2.. kayake masi perlu 1 sesi lagi.. dan kayake mau tetep pake fut ane gan.. ga kuat kalo yg stemcell. nggu perkembangan 1-2 taunan dulu sambil ngumpulin dana.. bodo amat ada garis di blakng yg ptg depan ga mengkilap.. wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. fut sama stemcell lebih sakit yg mana dan biayanya berapa?
      ima

      Hapus
  14. hahahhaa..iya yg penting depanya gan...bener2 ga pede ane gan hbia dlu biasa ganteng sih....hahhahah...handhita tanam berapa?..klo stemcell di indonesia sdh ada ga?...

    BalasHapus
    Balasan
    1. 2100 gan.. boleh email hand_sugar@yahoo.com kalo mau sharing2 masalah ht dan perkembangan rambut HT gan. stemcell sudah ada gan di jkt lupa nama kliniknya

      Hapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gilee gan playananya bagus bgt. Semua udah termasuk. murah bgt harganya. Cuma gmn hasil yang udah2 bagus ga? Hehe. Jd pengen ke turki ga usah apply visa lg hehe. Tinggal lihat hasil htnya aja gmn :) nice share!

      Hapus
    2. https://www.realself.com/fue-hair-transplant

      itu contoh nya

      Hapus
    3. https://www.realself.com/review/istanbul-turkey-hair-transplant-fue-4750-grafts-grade-dr-maral-clinic-istanbul

      Hapus
    4. @nasrudin sukses : ada alamat emailnya ?

      Hapus
  16. gamat & spirulina tu bener" bisa numbuhin rambut gak bro?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gamat dan spirulina si ane kira cuma membantu regenerasi sel2 yang udah mati. Ngaruh juga ke kulit. Yg paling penting biotin sbnernya kalo untuk pertumbuhan rambut. Tp kalo ane lebih milih untuk konsumsi semua jadi ga tanggung hehe. Soalnya ana udah sempet botak lg ni dibeberapa bagian. Skr udah keliatan rambut pd tumbuh walaupun kecil2. Sampe di area transplan ada yg tumbuh kecil2. Mudah2an bisa sampe jadi rambut normal masih nunggu hasil ane juga hehe.

      Hapus
  17. Kira kira untuk rambut yang terkena pitak sebesar koin kira2 abis berapa graft ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. saya kurang tau mungkin sekitar 500san. cuma saya kira bisa diatasi kalo pitak gitu ga harus transplant deh, coba di konsultasikan dulu kedokter kulit deh.

      Hapus
    3. Tapi kata orang, pitak saya gak bakal bisa tumbuh, soalnya bekas dulu bisul(eksim)

      Hapus
    4. what you say stem cell fue hair transplant is best for us dubaihairclub have great reviews :)

      Hapus
  18. Gan.... kalau disurabaya harga per graftnya berapa ?
    Saya juga ingin sekali gan untuk HT.....
    Umur saya 22, sudah kinclong yang depan.....
    Mohon informasi gan.... makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekitar 25rb/graftnya sepengetahuan saya. mungkin butuh minimal 1500 graft, mungkin bisa lebih dr itu.

      Hapus
  19. @abimanyu: klo ht dr bambang per graft 25.000 minimal 1000 graft.
    Mas efo-efo, udah prnah nyoba shampo nissim sama extract tonicnya? Mereka bilang bagus untuk mnghambat Dht. Siapa aja yg udah prnah nyoba, minta reviewnya dong. Mau beli masih mikir soalnya mahal banget mnurut sy.
    Rencana sy ini buat trial, minum biotin + pake nisim, klo progressnya bagus ya dlanjut tp klo ngga ngefek, mngkin emang harus hair transplant jalan satu"nya. Mas, upload foto yg trbaru dong hasilnya gimana,..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya saya udah pernah beli dan coba pakain nissim sekitar 1jt harganya ya, itu bergaransi yang saya tau uang bisa kembali 50% kalo ga hasil. tapi sama sekali ga berhasil untuk saya. :(
      cuma biotin aja yang saya rasakan hasilnya tumbuh memang rambut. selain itu belum pernah ada yang berhasil. kondisi rambut masih sm aja kaya foto terakhir kok ga bnyak berubah hehe :D

      Hapus
  20. Agan2 salam kenal... Ane udh HT juga disurabaya. Agan2 boleh email ane di edy99dd@gmail.com untuk kita sharing mengenai HT. Thanks

    BalasHapus
  21. Agan2 salam kenal... Ane udh HT juga disurabaya. Agan2 boleh email ane di edy99dd@gmail.com untuk kita sharing mengenai HT. Thanks

    BalasHapus
  22. Bro biaya cangkok rambut yg anda tanam berapa ya biayanya & minta alamat email untuk sharing2. Terima kasih

    BalasHapus
  23. wah wah wah... ternyata banyak yang punya nasib sama dan sudah juga melakukan HT...

    Bro Efo dan yang lain, saya juga sudah HT 2000 graft tapi di Malaysia pada tanggal 05 Desember 2015. sama dengan rekan rekan yang lain bahwa meski tumbuh tapi ternyata jarang ...

    apa bener yang harus tanam lagi di celah celahnya? apa gak akan tumbuh anak rambut dan menyebar disaampingnya?

    Trus karena botak saya lebar, rencana saya akan HT lagi. katanya sidah bisa dilakukan setelah 6 bulan HT pertama?

    mohon pencerahannya...

    BalasHapus
  24. hahaha Iya Nih . saya transplan april 2014 skrg udah 2 tahun . ya memang jarang .. dan kata dokter butuh 2 x HT baru bisa sempurna . menutup yg ruang2 sisanya itu . ane HT di Sby ..

    Mau coba gali informasi masalah steam cell itu berapa uang ya .. ada yg tau informasinya ?

    BalasHapus
  25. Coba baca ini deh > http://www.whatclinic.com/hair-loss/Worldwide/hair-transplant

    BalasHapus
  26. Sepertinya pilihan terbaik mmg mlakukan HT di luar negri deh.. Rekomend bgt utk HT ke turki.. Ane sndiri lg nabung buat HT di sana.. Jika mmilih HT di Indo Cost yg perlu di keluarkan utk HT dgn metode trbaru ( Hair Stem Cell ) di HASCI ( JKT ) mhal bgt.. Gak nyampe 2000 graft musti ngerogoh kocek smpe 120 jt. Amazing bukan.. gimana klo kita open trip ( para botakers ) utk sama" HT di turki ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gan fariz, sebenernya ane juga mau kesana... tapi pikir2 lagi... gmn tidak biaya PP aja sudah seperti harga 1000 graft untuk transplant......
      Ekkwkwk
      Berharap turki ada disebelah rumah....,

      Hapus
    2. memangnya berapa biaya ht di turki,bro?

      Hapus
    3. ayo bro bareng2 ke turki 2017, lg ngumpulin dana nih, biaya turkey pp 16 jt an pesawat nya aja, tp dliat kwalitas bagus sih

      Hapus
    4. Maaf ikut nimbrung, o ya untuk harga tiket pp turki ada yg 7-8jt tapi harus pantau terus harga tiket. Untuk visa pun sekarang lbh mudah karena ada e-visa kalo ga salah harganya cuma 25$. Dan menurut tmn saya HT di turki lbh murah

      Hapus
  27. Emang 1000 graft yg agan maksud itu brp Rp ?? sebenarnya klo mw ke turki pintar pintar kita milih wktu keberangkatan aja sih gan. sma aja kya tiket penerbangan lokal. Klo kita beli pas jadwal liburan ya pasti mahal.. Contoh nya saja wktu thn lalu ane kesana bareng familly.. utk tiket pp /org skitar 7 jt an gan.. so ane udh ada plan kesana lg utk Happy holiday + Fly Health.. smoga di beri kemudahan.. #salam pejuang.. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. bang ane tunggu beritanye, ane juga ada rencana buat kesana
      tau gitu di jadwalin buat bisa bareng" gan

      Hapus
    2. Ane ikut nunggu britanye jg bang, hehe

      Hapus
    3. Saya juga pengen ke turki untuk ht , bagus klau bisa bareng bareng

      Hapus
    4. mas fariz abadi. sayajuga asli jogjakarta,wonosari.aq mintaemail atau ig,atau nomer hp yang bisa dihubungi mas

      Hapus
    5. email saya oyongagus2@gmail.com wa 081809941852 mohon link/info biar bisa update biaya ke turki

      Hapus
    6. Rencana fly turky kapan mas fariz abdi

      Hapus
  28. Www.Maxwellhair.Co.kr
    Biayax maksimal 7000$ utk pilihan bhsa inggris slade kebawah

    BalasHapus
  29. salam kenal untuk agan2 yg ada di blog ini ,,minta pencerahan nya saat ini sy sdg terapis di swensen hair therapy, apakah sdh ada yg pernah coba krn sy lihat 1x kunjungan saja sdh cukup mahal blm lg untuk shampo danhair tonic ny..mhn share pengalaman nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. gimana jadi nya om . masih terapy di svenson gak . hasile bagus gak bro ?

      Hapus
  30. bang faiz abdil ane juga ada rencana ke turki, ke klinik dr. maral itu di web nya ane baca penawaranya bagus bgt,,

    BalasHapus
  31. ada yg rencana mau pergi turki siapa saja? mngkn kita bisa berangkat bareng gan, para botakers,, ane jg sudah kontak dgn bbrp klinik di turki n udh dpt bbrp penawaran bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada emailnya ? Om charles biar bisa kontak2..

      Hapus
    2. ada gan
      cha.thene@yahoo.com

      Hapus
    3. Sy jg berniat utk ht
      Klau blh tau brp biaya ht d Turki ya?
      Dan kira2 tiket PP ny brp ya?
      Mhon pencerahan ny
      Email sy Al.azzmi@yahoo.com

      Hapus
    4. gan 2017 aj yok bareng2 ke turkey, ini email ane para botakers wkwkk, ahmaddeddy94@yahoo.com

      Hapus
    5. Bagaimana bang charles apakah sudah menemukan ht di turky yg biaya nya minimalis
      Yogonugroho63@gmail.com

      Hapus
  32. Gimana caranya klo mau gabung k turki ?

    BalasHapus
  33. Agan agan ada yg sudah mencoba Hair Replacement. Saya juga penderita kebotakan dini dan itu parah bgt hampir 60% botak dan mengkilap :D. Pengen coba HT tapi liatnya serem bgt.

    BalasHapus
  34. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  35. Ada yg pengalaman hair transpan di jakarta ?

    BalasHapus
  36. turki aja ayo ......
    email = nuril.nurhadi@gmail.com

    BalasHapus
  37. Kalo di turki kira kira biaya berapa bang ??

    BalasHapus
  38. kalo untuk oprasinya sekitar 2000-3000 uero gan rasanya, kalo keperluan tiket + visa dll, di urus sendiri.. ane juga belom pergi kesana
    nunggu agan" sekalian siapa tau bisa bareng".hahahah

    BalasHapus
  39. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  40. Trnyata bnyak jga yg botk prematr kya ane...
    Umur ane skrag 26thn bro,ud lumyan prah nh botak d bgian dpan. Mlai botak umur 20thn. Awl2 bner2 mindr ama pnampiln. Cz ane jd trlhat 10thn lbh dewasa(tua). Jujr smpe skrag ane iri ama cwok2 yg rmbut.a msi pda rimbun. Cz ane jd g bsa ikt model rmbut msa kni. Kl k tukag ckur y d ptong rapi aj udh.hihihihi
    Smpet pgen HT jg. Tpi ragu2 krna biaya yg g murh. Stelh ane renungin baik2, akhir.a ane ptusin untk nrima kndisi ane yg skrag. Msi bnyak hal postif lain yg hrus ane lkukan dri pda stres mikrin stok rmbut yg mkin nips.. Puji Tuhan sjauh ini g ad yg menghmbat jln hdup ane gra2 msalh kbotakn ane. Rejeki,jdoh ud d sdiain sma Tuhan bro. Plingan ane jd bhan cndaan sma tmen2 :D.
    Tpi kl ad yg nwarin HT grtis ane tetp g bkal nolak kq broo ;p

    BalasHapus
  41. Trnyata bnyak jga yg botk prematr kya ane...
    Umur ane skrag 26thn bro,ud lumyan prah nh botak d bgian dpan. Mlai botak umur 20thn. Awl2 bner2 mindr ama pnampiln. Cz ane jd trlhat 10thn lbh dewasa(tua). Jujr smpe skrag ane iri ama cwok2 yg rmbut.a msi pda rimbun. Cz ane jd g bsa ikt model rmbut msa kni. Kl k tukag ckur y d ptong rapi aj udh.hihihihi
    Smpet pgen HT jg. Tpi ragu2 krna biaya yg g murh. Stelh ane renungin baik2, akhir.a ane ptusin untk nrima kndisi ane yg skrag. Msi bnyak hal postif lain yg hrus ane lkukan dri pda stres mikrin stok rmbut yg mkin nips.. Puji Tuhan sjauh ini g ad yg menghmbat jln hdup ane gra2 msalh kbotakn ane. Rejeki,jdoh ud d sdiain sma Tuhan bro. Plingan ane jd bhan cndaan sma tmen2 :D.
    Tpi kl ad yg nwarin HT grtis ane tetp g bkal nolak kq broo ;p

    BalasHapus
  42. Trnyata bnyak jga yg botk prematr kya ane...
    Umur ane skrag 26thn bro,ud lumyan prah nh botak d bgian dpan. Mlai botak umur 20thn. Awl2 bner2 mindr ama pnampiln. Cz ane jd trlhat 10thn lbh dewasa(tua). Jujr smpe skrag ane iri ama cwok2 yg rmbut.a msi pda rimbun. Cz ane jd g bsa ikt model rmbut msa kni. Kl k tukag ckur y d ptong rapi aj udh.hihihihi
    Smpet pgen HT jg. Tpi ragu2 krna biaya yg g murh. Stelh ane renungin baik2, akhir.a ane ptusin untk nrima kndisi ane yg skrag. Msi bnyak hal postif lain yg hrus ane lkukan dri pda stres mikrin stok rmbut yg mkin nips.. Puji Tuhan sjauh ini g ad yg menghmbat jln hdup ane gra2 msalh kbotakn ane. Rejeki,jdoh ud d sdiain sma Tuhan bro. Plingan ane jd bhan cndaan sma tmen2 :D.
    Tpi kl ad yg nwarin HT grtis ane tetp g bkal nolak kq broo ;p

    BalasHapus
  43. Trnyata bnyak jga yg botk prematr kya ane...
    Umur ane skrag 26thn bro,ud lumyan prah nh botak d bgian dpan. Mlai botak umur 20thn. Awl2 bner2 mindr ama pnampiln. Cz ane jd trlhat 10thn lbh dewasa(tua). Jujr smpe skrag ane iri ama cwok2 yg rmbut.a msi pda rimbun. Cz ane jd g bsa ikt model rmbut msa kni. Kl k tukag ckur y d ptong rapi aj udh.hihihihi
    Smpet pgen HT jg. Tpi ragu2 krna biaya yg g murh. Stelh ane renungin baik2, akhir.a ane ptusin untk nrima kndisi ane yg skrag. Msi bnyak hal postif lain yg hrus ane lkukan dri pda stres mikrin stok rmbut yg mkin nips.. Puji Tuhan sjauh ini g ad yg menghmbat jln hdup ane gra2 msalh kbotakn ane. Rejeki,jdoh ud d sdiain sma Tuhan bro. Plingan ane jd bhan cndaan sma tmen2 :D.
    Tpi kl ad yg nwarin HT grtis ane tetp g bkal nolak kq broo ;p

    BalasHapus
  44. Trnyata bnyak jga yg botk prematr kya ane...
    Umur ane skrag 26thn bro,ud lumyan prah nh botak d bgian dpan. Mlai botak umur 20thn. Awl2 bner2 mindr ama pnampiln. Cz ane jd trlhat 10thn lbh dewasa(tua). Jujr smpe skrag ane iri ama cwok2 yg rmbut.a msi pda rimbun. Cz ane jd g bsa ikt model rmbut msa kni. Kl k tukag ckur y d ptong rapi aj udh.hihihihi
    Smpet pgen HT jg. Tpi ragu2 krna biaya yg g murh. Stelh ane renungin baik2, akhir.a ane ptusin untk nrima kndisi ane yg skrag. Msi bnyak hal postif lain yg hrus ane lkukan dri pda stres mikrin stok rmbut yg mkin nips.. Puji Tuhan sjauh ini g ad yg menghmbat jln hdup ane gra2 msalh kbotakn ane. Rejeki,jdoh ud d sdiain sma Tuhan bro. Plingan ane jd bhan cndaan sma tmen2 :D.
    Tpi kl ad yg nwarin HT grtis ane tetp g bkal nolak kq broo ;p

    BalasHapus
  45. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  46. 1 x pakai Rontok langsung berhenti
    Pake RATUNA Minyak Kemiri paling TOP.

    BalasHapus
  47. mas efo mohon ijin gabung, kalo boleh gabung saya mohon dimasukkan ke dalam grub mas. bagusgigih_a@yahoo.co.id
    mohon direspon mas. terima kasih banyak mas:)

    BalasHapus
  48. coba sy bikin group HT ya, biar lbh privacy qt saling sharing, terutama bagi yg sdh melakukan HT

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya Abdul Muthalib, Jakarta Selatan
      E-mail: tholib73@gmail.com
      ada rencana mau HT di Turkey di 2018 mudah2an bulan2 awal dan mudah2an ada temen bareng ke sana... sy sudah konsultasi pihak sana lewat WA namanya tempatnya Este Center di Istanbul. Klo mungkin ada yg sudah ke sana boleh bagi2 pengalaman... tks

      Hapus
    2. ayo gan email saya imonks21@gmail.com

      Hapus
    3. Sy dari negara tetangga malaysia..sy sudah buat hairtransplant di turkey..hasilnya sgt bagus..sy boleh bantu bapak2 yg mahu HT d turkay dengan biayai yg murah .boleh masukan sy dlm group whasap supaya sy boleh share pengalamn sy

      Hapus
  49. ini gmn ya? sy coba email satu persatu msh ada 2 org yg ngasih no WA, itupun smw nya jarang online, yg mw gabung ke group WA, minta tolong kirimkan emailnya, boar sy email satu persatu menjaga privacy

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah ada groupnya kah?
      minta emailnya gan

      Hapus
    2. klik link di paling atas halaman ini untuk gabung grup wa :)

      Hapus
  50. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  51. Ikut gabung grup wa bang 081805534488

    BalasHapus
    Balasan
    1. klik link di paling atas halaman ini untuk gabung grup wa :)

      Hapus
  52. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. klik link di paling atas halaman ini untuk gabung grup wa :)

      Hapus
  53. Balasan
    1. klik link di paling atas halaman ini untuk gabung grup wa :)

      Hapus

  54. HT di Turky sangat murah ... testimoni terbaru:

    https://www.realself.com/review/istanbul-tr-fue-hair-transplant-34-years-3000-graft-fue?rsuid=2483635&utm_source=Sailthru&utm_medium=email&utm_campaign=NLU2XWeekPM%202016-11-27&utm_term=GlobalNLNormalUnpop

    BalasHapus
  55. Tolong gabungkan no saya ke WA gan : 081373413706

    BalasHapus
  56. Kalau di Turki mengunakan sistem FUE , FUT atau Stemcell Seperti Harci Bang Efo Efo? Saya mau tau juga apakah hasil nya akan sama seperti yg foto abang di atas? Dan biaya nya berapa kira kira?

    BalasHapus
  57. masukin saya group dong 08118460443 .. mau ke turkey

    BalasHapus
  58. Klw da yg tertarik ht ke korsel ja. Ane prnah HT 4600 graft. Kena biaya 4.5 jt won. Ato 54 jt. Bndingin sn di indo jauh bgt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu tahun brp ht nya kak
      Terus pakai metode fut apa fue
      Soalnya sekarang saya juga krja di korea tapi saya udh banyak email di beberapa hair transplants tp kebanyak metode FUE biaya antara 5jt won per1000 graft
      Paling murah kemarin aku tanya antara 3-4jt won
      Mohon pencerahan nya

      Hapus
  59. Hasilnya gimna gan memuaskan gk

    BalasHapus
  60. gan ane semingguan lalu Uda HT di Turki..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ke turki hbis brapa gan.. smuanya.. dan brapa minggu disana..

      Hapus
    2. insyaallah sambil menunggu hasilnya dlm beberapa bulan akan saya tulis dalam blog tersendiri gan :)

      Hapus
    3. siap... ane tunggu gan kbar baiknya.... :)

      Hapus
    4. gimna gan perkembanganya...

      Hapus
    5. Agoslav minta no wa nya donk, mau nanya2 nih mnengenai ht di turky...! Trima kasih

      Hapus
  61. gan add saya di wa dong...
    ayo dah ke turki bareng
    081213945751

    BalasHapus
  62. Gan, tlg di add donk wa saya 08159577778 terima kasih

    BalasHapus
  63. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  64. Minta izin ikot...
    Saya korban boram

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minta izin ikot..
      $@ya korban borak..
      Wa.085260112567

      Hapus
  65. Boleh masukin ke grup wa 081280896800

    BalasHapus
  66. Izin masuk group....ini nmr nya 085974970088

    BalasHapus
  67. Add sya jg y bro admin.. 083874527595
    Niat ikut turki atw ht di jkt biar bareng2 trimakasih

    BalasHapus
  68. gan efo group WA di ats masih aktip ga ?saya mau join mohon info nya bro tq gan

    BalasHapus
  69. hai add WA saya dong 081806560696.. terima kasih

    BalasHapus
  70. Haloo..Saya msh bingung milih klinik HT di turki, bener ga si yg paling mutakhir itu Micro-FUE? Ada saran dr agan2 ?
    Disuruh bini ane ke dr. Maral aja, ad masukan ga gaaan tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kpn rencana ke Turki Gan?

      Hapus
    2. Pengen ikut jg gan,, list siaran d tv katanya lebih murah ht d turki

      Hapus
    3. Memang setelah saya ubeg2 di mbah google kayaknya yg paling ekonomis hrganya di dokter maral turky ke 2 di pakistan
      Ayooo yg mau ke turky kita bareng2

      Hapus
  71. ikutan juga group WA 081318886532 Tq

    BalasHapus
  72. 085293314909 masukin grub bang. Suwun

    BalasHapus
  73. Grup WA masih aktifkah? Klo ga gmn kita bikin grup WA baru Gans?

    BalasHapus
  74. Ikutan group 085222040660 kl ada ke turkey bareng ikut yach

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  75. Lgi nabung buat Ht tapi hrga mahal ternyata hasilnya jarang2.yg video ht diyoutube kok bagus2?
    Agan2 udah ada yg nyoba green angelica blm? Sy sdh coba tpi cuma tumbuh rambut velus dan sudah 1 thun masih tetap rambit velus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo grup WA msh aktif ikut gabung gan 089504042823 satu nasib

      Hapus
  76. temen2 mohon maaf ga bisa jawab email satu2 karnea waktu dan kegiatan hari2 saya,
    pengetahuan saya tentang ht juga sangat terbatas,
    semua informasi yang saya ketahui saya tulis di blog ini cuma atas dasar pengalaman pribadi aja. dan kayanya grup whatsapp sudah penuh 200 anggota lebih, ada solusi lain ga??
    biar bisa nampung orang banyak dan komentar2 bnyak biar bisa sharing dan diskusi.. hmm?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bang.. ganti pake telegram aja bisa 500 lebih

      Hapus
    2. Bikin Page FB gan, group tertutup, unlimited membernya, bisa sepuasnya disana...

      Hapus
    3. Bikin Page FB gan, group tertutup, unlimited membernya, bisa sepuasnya disana...

      Hapus
  77. Masukin sy di group wa donk om 081356969926, mau share2 nih masalah kebotakan

    BalasHapus
  78. Effective treatments for some types of hair loss are available. But some hair loss is permanent.
    hair transplant in dubai

    BalasHapus
  79. Ikutin di group wa nya om...081355811145...terima kasih

    BalasHapus
  80. Ikutin di group wa nya om...081355811145...terima kasih

    BalasHapus
  81. Sistem fue organik agan2 ada yg uda pernah coba blom? Katanya lbh bgus dari fue rambut kelihatan lbh alami,cek link dbwh ini,
    http://www.estetikinternational.com

    BalasHapus
  82. Ada yg punya rencana ke turki buat ht? Ane juga minat. Tolong info dong, biar bisa bareng2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ada rencana gan tp lg ngumpulin duit dulu, n nyari sponsor, hehehe..

      Hapus
    2. Qgan minta no wa nya, sy gabungin ke dalam group baru..

      Hapus
  83. Ayoo agan2 kita cari solusi untuk ht yg tepat di turkey

    BalasHapus
  84. Broo minta no wa nya, sy gabungin ke dalam group baru seklian bahas ht ke turkey..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ikut gabung group gan... saya ada rencana HT ke Turkey juga mudah2an bisa bareng... 081318752246 (Abdul Muthalib)

      Hapus
  85. Ayoo kawan coba di buat group lagi
    Sekarang saya masih nguli di negara orang jd rencana kelar kontrak krja terus mau meluncur ke turky
    Di dokter maral kayaknya lebih bersahabat biayanya kawan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini mas 01059599906 kalau ngk biasa di ganti +82 depan nya
      Ayoo cari solusi sama2

      Hapus
    2. Masukin juga gan 081354381951

      Hapus
    3. boleh gabung gan 081318752246

      Hapus
  86. Gan Efo.. trm kasih blognya..
    Btw saya bulan april 2017 fue di turki..
    Saya msh simpan 175 lira turki.. Kalau ada yg mau tukar silahkan.. jadi 500 rb saja tdk apa2..
    Saya di depok. Bisa menghubungi no. ini sekalian share pengalaman.. +6285781969479
    Terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bro minta no wa donk, mau share ht di turky...

      Hapus
    2. terima kasih gan efo blognya.. terima kasih turki lira nya sudah terjual.. nomornya sebentar lagi tidak aktif..

      Hapus
  87. Halo2, boleh invite jg ke grup WA nya ga? Ada rencana HT Turki juga nih, 081297976020, pgn bisa ikut dpt sharing nya, makasih sebelumnya

    BalasHapus
  88. yg mau ke turki dekat2 ini siapa ya? mau bareng? 081243151593

    BalasHapus
  89. Gan masukin no gw dong...atau buat grub baru lagi deh...085856402168

    BalasHapus
  90. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  91. di Dr.Bambang Surabaya berapa hari ya harus tinggal disana? apa harus konsultasi langsung ke surabaya sebelum operasi? soalnya tinggal di kalimantan sih.. tolong infonya agan2

    BalasHapus
    Balasan
    1. mending skalian turki aja gan,, masalah harga jauh lebih murah d sono

      Hapus
  92. Ini no ane 081335350075 join group wa bs..mw tny2 info ttng HT..tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  93. Ini no ane 081335350075 join group wa bs..mw tny2 info ttng HT..tq

    BalasHapus
  94. Ijin gabung grup wa mau tanya2 pengalaman tentang HT.. 082136449719 TERIMAKASIH

    BalasHapus
  95. Ijin gabung group WA gan,, 081210286902... Lagi nabung nih... Ada rencana mau HT...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  96. Ijin gabung grup wa dwong gan..ada rencana mau ht ni..089663864983

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  97. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  98. Ijin bergabung bang mau tau info2 tentang HT 083879992010

    BalasHapus
  99. Saya ada pengalaman HT di Hascii jakarta ..izin gabung buat sharing info 081278377897

    BalasHapus
  100. Izin gabung grup nya gan..
    081321877418
    Sy jg rencana pengen HT k turky..

    BalasHapus